MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP



  • PENGERTIAN PANDANGAN HIDUP
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup bersifat kodrati. Karena itu menentukan masa depan seseorang. Untuk itu perlu dijelaskan pula apa arti pandangan hidup.
Pandangan  hidup dapat dibedakan mnurut asalnya yakni :
  1. Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu yang mutlak kebenerannya
  2. Pandangan hidup berupa ideology yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma setempat
  3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup relative kebenaranya
Apabila pandangan hidup diterima oleh sekelompok orang sebagai pendukung organisasi,maka pandanga hidup itu disebut ideology.

  • CITA-CITA
Menurut kbbi cita-cita adalah keinginan ,harapan, dan tujuan hidup yang sealalu ada dalam benak pikiran manusia. Dengan demikian cita-cita adalah pandangan hidup dimasa depan yang akan menuntut akan jadi apa kita pada akhirnya.
Apabila cita-cita itu tidak mungkin atau belum terpenuhi, maka cita cita itu disebut sebagai angan anagan belaka. Antara masa sekarang dan masa yang akan dating selalu ada cita-cita mengiringi.

  • KEBAJIKAN
Kebajikan adalah perbuatan yang mendatangkan suatu kebaikan. Pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma norma agama dan etika. Manusia adalah pribadi yang terdiri dari rohani dan jasmani.
Manusia sebagai mahluk sosial berkembang dan terus berinteraksi. Meraka berinteraksi sesame mahluk sosial yang secara sengaja ataupun yak sengaja dapat memahat suatu kebajikan dalam diri mereka.

Factor yang menentukan tingkah laku seseoranmg ada 3 hal yakni
  1. Factor Hereditas
Factor hereditas atau bawaan yang ada pada diri manusia tersebut mempengaruhi tingkah laku dan bentuk interaksi mereka. Hal ini menunjukan suatu perilaku sudah mendarah daging pada diri manusia teresbut.
  1. Factor lingkungan
Factor lingkungan memberikan manusia sebagai cirri adat istiadat dan tempat lingkungan yang dimana mereka dibesarkan. Lingkungan acapkali menjadi momok yang menakutkan untuk melihat bagaimana seseorang tumbuh dan berkembang.
  1. Factor Pengalaman
Factor pengalaman atau experience adalah hal yang langka dan hanya dimiliki oleh individu itu sendiri, bagaimana mereka menyikapi pengalamn hidup dan dijadikan sebagai pembelajaran dalam diri agar menjadi lebih baik dari sebelumnya.

  • USAHA / PERJUANGAN
Usaha /perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Setiap manusia harus kerja keras untuk kelanjutan dalam hidupnya. Sebagian hidup manusia adalah perjuangan dan kerja keras.
Kerja keras dapat dilakukan dengan otak ilmu maupun tenaga dari jasmani dan rohani yang sehat. Kerja keras dimaksudkan untuk menghargai hal hal yang telah diusahan sebaik mungkin oleh orang lain.

  • KEYAKINAN DAN KEPERCAYAAN

         Keyakinan dan kepercayaan berasal dari akal atau kekuatan yang berasal dari akal atau kekuasaan YME.
  1. Aliran Naturalisme
Hidup manusia dikaitkan dengan kehidupan ghaib sebagai kekuatan tertinggi. Aliran naturalism menggabarkan spekulasi ada tuhan ataupun tidak adanya tuhan.
  1. Aliran intelektualisme
Dasar dari aliran ini adalah logika dan akal manusia. Dengan akal manusia yang dapat berpikir dan berspekulasi. Akal manusia dijadikan sebagai acuan dalam diri mereka,sehingga menghasilkan karya baru.
CONTOH KASUS

Seseorang akan memiliki pandangan hidup yang tinggi jika ia merasa bersyukur kepada Tuhannya dan selalu mengingat akan orang yang kondisinya berada dibawahnya. Setiap dia berkendara dan melihat pengamen atau pemulung dia selalu berpikir untuk tidak menjadi seperti itu dan tidak mau keluarganya jadi seperti itu. Pandangan hidupnya pun akan lebih tinggi karena apa yang dilihatnya itu akan menjadi motivasi agar dirinya bisa mencapai apa yang sudah dia rencanakan dalam pandangan hidupnya tersebut

Komentar