MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB



  • PENGERTIAN TANGGUNG JAWAB
Tanggung jawab menurut kbbi adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatu dan memikul beban yang ada. Seseorang yang bertanggung jawab adalah orang yang memiliki keinsyafan dan juga mawas diri terhadap hal yang terjadi.
Tanggung jawab bersifat kodrati yakni menjadi bagian dari kehidupan manusia,bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab. Tanggung jawab yang dipikul manusia satu dan yang lainnya adalah berbeda.
Tanggung jawab adalah cirri manusia yang beradab dan juga bertanggung jawab karena ia menyadari akhirat.

  • MACAM TANGGUNG JAWAB
Manusia berjuang untuk kepentingan diri sendiri dan kepentingan berkelompok. Manusia tidak dapat lepas dalam hal tanggung jawab, yakni contohnya:
  • Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Tanggung jawab terhadap diri sendiri menuntut kesadaran setiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri
  • Tanggung jawab terhadap keluarga
Tanggung jawab terhadap keluarga adalah hal terbesar yang dapat dilakukan oleh diri kita. Karena keluarga adalah bagian terpenting dalam hidup.
  • Tanggung jawab terhadap masyarakat
Tanggung jawab yang dapat diemban adalah tanggung jawab terhadap masyarakat dimana kita mendapatkan tugas yang berat.
  • Tanggung jawab terhadap bangsa dan Negara
Tanggung jawab ini merupakan wajib bagi seluruh warga Negara, dimana kepentingan Negara adalah keajiban bersama
  • Tanggung jawab terhadap Tuhan
Tanggung jawab ini dipikul oleh masing masing manussia sebagai bukti ketulusan terhadap agama yang dianutnya

CONTOH KASUS

Sebagai contoh studi kasus, di sebuah perusahaan terdapat seorang atasan yang memberikan tanggung jawab kepada pegawainya berupa proyek besar yang harus diselesaikan dalam waktu yang sesingkat mungkin. Kemudian pegawai tersebut dengan sungguh-sungguh segera melaksanakan tugas tersebut dengan baik meskipun harus mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya, akhirnya tugas tersebut pun dapat selesai tepat waktu sesuai keinginan sang atasan, tidak lama kemudian pegawai tersebut dinaikkan jabatannya dan diberikan proyek yang lebih besar lagi. Dari studi kasus tersebut maka menurut pendapat saya setiap tugas atau tanggung jawab yang orang lain berikan kepada kita merupakan suatu faktor penguji yang diberikan seseorang terhadap pribadi kita akan kesadaran dan dedikasi kita terhadap sebuah pekerjaan sehingga nantinya akan membangun kepercayaan seseorang tersebut kepada kita.

Kemudian dalam hal pengorbanan yang dilakukan dalam sebuah tanggung jawab menurut saya akan ada hasilnya yang setimpal dengan pengorbanan yang kita lakukan, hasil dari pengorbanan tersebut baik positif maupun negative, cepat atau lambat akan kita rasakan. Oleh sebab itu lakukan lah tanggung jawab kita dengan siap sedia, berani, dan bersungguh-sungguh, agar pengorbanan yang dilakukan berbuah memuaskan.

Komentar