MANUSIA dan KEBUDAYAAN







MANUSIA dan KEBUDAYAAN



MANUSIA DAN KEBUDAYAAN
  1. MANUSIA
     Manusia dialam dunia memiliki peranan yang sangat unik. Manusia merupakan          kumpulan dari berbagai system fisik yang sling tekait satu dan lainnya. Manusia          tergolong pada mahluk biologi yakni sebgai mahluk mammalian atau hewan                menyusui. Sedangkan dalam hal ekonomi manusia cenderung untuk memperoleh      keuntungan yang disebut sebagai (homo economic),manusia tidak dapat berdiri          sendiri,manusia selalu menginginkan kekuasaan maka oleh karena itu manusia          berbudaya,dan manusia memiliki Kebudayaan.
A.HAKEKAT MANUSIA
  1. mahluk ciptaaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh
  2. mahluk ciptaan tuhan yang paling sempurna,jika dibandingkan dengan mahluk lainnya
  3. mahluk biokultural,yaitu mahluk hayati yang budayawi
mahluk ciptaan tuhan yang terikat dengan lingkungan (ekologi),mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya

      2.PENGERTIAN KEBUDAYAAN
    Kebudayaan jika dikaji dari bahasa sansekerta berasal dari kata budhayah yang berarti budi atau akal,sedangkan dalam bahasa latin,kebudayaan secara umum dapat diartikan sebagai salah satu”segala sesuau yang dihasilkan oleh akal budi manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah dan tempat tinggalnya.
    kebudayaan adalah kompleks yang mencangkup pengetahuan,kepercayaan,kesenian moral ,hokum,adat istiadat dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat” e.b tylor(1871)
    Selo sumarjan dan soelaeman soemardi “kebudayaan sebagai semua hasil karya,rasa dan cipta masyarakat”
    Sutan takdir alisyahbana “kebudayaan adalah manifesti dari cara berpikir”
     3.UNSUR-UNSUR KEBUDAYAAN
    1. System religi (system kepercayaan)
    2. Sistem organisasi kemasyarakatan
    3. System pengetahuan
    4. System mata pencaharian hidup dan system ekonomi
    5. System teknologi dan peralatan
    6. Bahasa
    7. Kesenian
    WUJUD KEBUDAYAAN
    • Kompleks gagasan,konsep dan pikiran manusia
    Wujud ini disebut system budaya sifatnya abstark,tidak dapat dilihat dan berpusat pada kepala manusia penganutnya.
    • Kompleks aktivitas
    Berupa aktivitas manusia yang saling berinteraksi ,konkret,dapat di observasi
    • Wujud sebagai benda
    Aktivis manusia yang saling berinteraksi tidak lepas dari penggunaan hasil karya.

Kebudayaan memiliki beberapa ciri, salah satunya dengan diteruskan nya kebudayaan melalui proses belajar. Apa maksud dari pengungkapan tersebut? maksudnya kebudayaan secara turun temurun akan terus berlanjut, tetapi tetap ada proses pembelajaran.

Telah saya paparkan mengenai materi tentang " Manusia dan Kebudayaan " . Tentu nya ada beberapa hal Positive yang perlu kita tekankan dan ada beberapa hal Negative yang perlu kita jauhkan dalam kehidupan sehari- sehari mengenai manusia dan kebudayaan nya.



(+) Positive yang harus ditekankan
   
  *  Menghargai seluruh kebudayaan yang pernah kita ketahui dan temui
  * Melestarikan kebudayaan
  * Menjungjung tinggi nilai suatu kebudayaan

(-) Negative yang harus ditinggalkan

* Terpengaruh dengan budaya asing yang dapat merusak moral serta martabat khususnya di dalam kebudayan yang kita miliki, contoh nya seperti berpakaian yang kurang sopan akibat dari pengaruh budaya barat.
* Kesenjangan budaya yang menyebabkan budaya yang satu dengan yang lain saling berselisih
* Meninggalkan warisan budaya, seperti alat musik Tradisional Serunai dari daerah Minang yang sekarang jarang terlihat atau bahkan jarang digunakan oleh masyarakat pada umum nya.


CONTOH KASUS :

Menurut studi kasus yang saya lakukan mengenai manusia dan kebudayaan remaja dilingkungan kehidupan saya sudah bisa dibilang menyimpang dari kebudayaan bangsa kita yaitu bangsa timur. Banyak sekali remaja yang melupakan kebudayaan bangsa timur dan lebih mengenal kebudayaan bangsa barat. Contohnya seperti, cara bergaul remaja zaman sekarang, anak SD yang bisa dikatakan belum wajar untuk mengenal istilah berpacaran tetapi mereka sudah mengenal apa itu berpacaran dan tidak hanya mengenal istilahnya saja tetapi juga sudah pernah mencoba apa itu pacaran. Itu dikalangan anak SD berbeda dengan kalangan anak SMP, SMA dan kuliahan yang sudah bisa dikatakan sangat menyimpang dalam mengartikan apa istilah berpacaran. Dari salah mengartikan apa istilah itu banyak remaja yang mengartikan berpacaran itu saling menyayangi dan memberikan apa yang kita punya kepada pacar kita, hal ini sangat salah dan ini mencontoh dari pergaulan anak-anak bangsa barat yang dikatakan dalam pergaulannya sangat bebas dan tidak mengenal cara berbudaya yang baik dan benar. Kasus seperti ini sebenarnya bisa dicegah dengan cara memberitahu, mengajarkan dan menerapkan kebudayaan bangsa kita sejak kecil dikehidupan sehari-hari agar terus terbawa dan terbiasa menerapkannya dilingkungan pergaulannya.


Komentar